Saturday, November 27, 2010

Tugas 3 Organisasi Informal

1.Sebutkan gaya kepemimpinan yang saudara ketahui?
  Jawab:
  Gaya Kepemimpinan adalah pendekatan lain yang dapat dilakukan untuk memahami kepemimpinan yang sukses dengan cara memusatkan diri pada apa yang dilakukan seorang pemimpin melalui gayanya yang merupakan suatu cara pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya.
  Ada 3 macam gaya kepemimpinan yang berbeda, diantaranya:
  Otokratis, adalah gaya kepemimpinan yang memiliki ciri-ciri semua penentuan kebijaksanaan dilakukan oleh pemimpin, pemimpin biasanya mendikte tugas kerja bersama setiap anggotanya.
  Demokratis, adalah gaya kepemimpinan yang meiliki ciri-ciri semua kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan dorongan-dorongan dan bantuan dari pemimpin.
  Laissez Faire, adalah gaya kepemimpinan yang memiliki ciri kebebasan penuh bagi keputusan kelompok atau individu dengan partisipasi minimal dari pemimpin, dan juga sama sekali tidak ada partisipasi dari pemimpin dalam penentuan tugas.
2. Sebutkan manfaat dari organisasi informal?
   Jawab:
   Manfaat-manfaat dari adanya organisasi informal diantaranya:
   1. Sebagai pendukung tujuan organisasi
   2. Sebagai alat komunikasi tambahan
   3. Sebagai alat pemuas kebutuhan sosial
   4. Dapat membantu manajer yang kurang mampu
3. Sebutkan beberapa jenis bagian struktur organisasi ?
   Jawab:
   Berdasarkan teknik atau cara membuatnya:

   1. Skema organisasi Tegak Lurus dari atas ke bawah
   2. Skema organisasi Mendatar dari kiri ke kanan
   3. Skema organisasi gabungan Tegak Lurus dan Mendatar
   4. Skema Organisasi Lingkaran
   5. Skema Organisasi Gambar

   Berdasarkan isi atau fungsi didalamnya:

   1. Skema Organisasi Fungsional
   2. Skema Organisasi Jabatan
   3. Skema Organisasi Nama
   4. Skema Organisasi Nama dan Jabatan
   5. Skema Organisasi Struktur

3. Jelaskan perbedaan dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja ?
   Jawab:
   Tata Kerja adalah cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil. Yang bertujuan untuk tercapai tingkat efisiensi yang maksimal.
   Sistem Kerja adalah susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu kesatuan. tujuannya untuk terbentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
   Prosedur Kerja adalah tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai darimana asal dan mau menuju kemana, serta kapan pekerjaan tersebut akan selesai. tujuannya untuk memaksimalkan pekerjaan secara efektif dan efisien.

0 comments:

Post a Comment

Mohon maaf untuk komentar yang masuk harus terlebih dahulu melalui moderasi untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan dan juga SPAM..