Monday, April 18, 2011

Dampak Pendapatan Nasional Dalam Negri


Sebelum membahas mengenai Dampak Pendapatan Nasional Dalam Negri, saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa yang dimaksud dengan Pendapatan Nasional.
Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode,biasanya selama satu tahun.
Pendapatan Nasional bisa digunakan untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu negara dan juga untuk mengetahui struktur perekonomian nasional dari suatu negara, contohnya adalah dengan penggunaan perhitungan pendapatan nasional dari suatu negara bisa diketahui apakah negara tersebut termasuk negara agraris atau negara industri.
Disamping itu, data pendapatan nasional juga dapat digunakan untuk menentukan besarnya kontribusi berbagai sektor perekomian terhadap pendapatan nasional, misalnya sektor pertanian, pertambangan, industri, perdaganan, jasa, dan sebagainya. Data tersebut juga digunakan untuk membandingkan kemajuan perekonomian dari waktu ke waktu, membandingkan perekonomian antarnegara atau antardaerah, dan sebagai landasan perumusan kebijakan pemerintah.
Dampak positif dari pendapatan nasional yang meningkat adalah bisa mendorong perekonomian suatu negara menjadi lebih baik dan bisa membuat seseorang bergairah dalam berinvestasi.
Sedangkan Dampak negatifnya adalah bisa membuat kacau sistem perkonomian dalam suatu negara tersebut akibat dari tidak terkontrolnya harga barang yang semakin menanjak.

0 comments:

Post a Comment

Mohon maaf untuk komentar yang masuk harus terlebih dahulu melalui moderasi untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan dan juga SPAM..