Wednesday, June 6, 2012

Pencegahan Racun Tomcat





Kita semua pasti tahu mengenai serangga yang satu ini yang kemarin-kemarin ramai dibicarakan banyak orang karena dapat menyebabkan kulit terasa melepuh ketika terkena racunnya.
Yup, serangga tersebut namanya Tomcat, atau dalam bahasa ilmiahnya kumbang Paederus.

Menurut pakar serangga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hari Sutrisno, mengatakan, "bahwa serangga tersebut memiliki racun yang 12 kali lebih beracun dari kobra, tapi racun serangga ini targetnya berbeda dengan racun kobra".

Menurut Hari, racun kobra biasanya langsung menuju ke jaringan saraf sehingga dampaknya bisa fatal. Sementara, racun kumbang Paederus hanya menyerang bagian kulit.

Hari mengimbau masyarakat agar tak terlalu panik sebab racun Tomcat tak menimbulkan kematian. Racun "cuma" akan mengakibatkan kulit gatal, melepuh seperti terkena luka bakar dan mengeluarkan cairan.

Kepada warga yang terserang, Hari mengimbau untuk segera mencuci bagian yang diserang dengan air sabun sehingga racun bisa sedikit dinetralisir.

Untuk pengobatan tambahan, pilihannya adalah memakai salep Hydrocortisone 1 persen, atau salep Betametasone dan antibiotik Neomycin Sulfat 3 kali sehari, atau dengan salep Acyclovir 5 persen

0 comments:

Post a Comment

Mohon maaf untuk komentar yang masuk harus terlebih dahulu melalui moderasi untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan dan juga SPAM..