Wednesday, June 6, 2012

Dampak Adanya Jejaring Sosial

Apa sih Jejaring Sosial itu?
banyak yang tahu macam-macam jejaring sosial tapi tidak mengerti apa itu jejaring sosial.

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.

Sebagian contoh dari jejaring sosial itu sendiri adalah, facebook, twitter, live profile, MySpace dan sebagainya.

Beberapa efek yang positif dari jejaring sosial:

aSebagai media penyebaran informasi
Informasi yang up to date akan cepat tersebar di dunia maya, hanya dalam waktu beberapa menit setelah kejadian. Ini sangatlah bermanfaat bagi kita untuk mengetahui berita dengan sangat cepat

bMemperluas jaringan pertemanan
Kita dapat berkomunikasi di dalam jejaring social dan dapat mendapatkan banyak teman di dunia maya. Kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja tanpa mengenal sebelumnya dan kita dapat berkomunikasi dengan orang yang satu Negara dengan kita.

cSebagai sarana mengembangkan ketrampilan
Dengan internet kita dapat meningkatkan dan mengembangkan ketrampilan kita. Karena banyak orang yang share ilmu dalam dunia maya sehingga kita dapat belajar dan mengasah kemampuan kita.
Namun, dibalik pengaruh positif yang ditimbulkan, terdapat pula efek negatif. Diantaranya:

aCyber crime(kejahatan computer)
Ini merupakan hal yang paling sering terjadi yaitu pencurian data penting melalui internet. Dan memberikan kabar bohong melalui dunia maya.

bMelemahkan dan menurunkan sensitifitas
Karena sering berkomunikasi melalui internet membuat banyak orang jadi kurang pergaulan dalam dunia nyata karena mereka telah tenggelam dalam permainan di sebuah internet.

0 comments:

Post a Comment

Mohon maaf untuk komentar yang masuk harus terlebih dahulu melalui moderasi untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan dan juga SPAM..