Saturday, November 6, 2010

Trik Mendisable Autorun Untuk Mencegah Virus


Autorun adalah sebuah script program yang memungkinkan eksekusi program secara otomatis tanpa adanya suatu aksi yang dilakukan oleh user komputer, contoh penggunaan autorun sederhana adalah ketika kita memasukkan sebuah CD/DVD kedalam Media Player kita maka akan secara otomatis komputer akan memunculkan kotak dialog untuk membuka/menampilkan secara otomatis isi dari CD/DVD tersebut.
            Namun, tidak jarang pula ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab menyelipkan sebuah program jahat yang dibuat dengan tujuan tertentu dengan memanfaatkan penggunaan script “Autorun” ini sendiri, akibatnya komputer akan kemasukan program jahat ini tanpa sepengetahuan user itu sendiri, program jahat itu bisa juga mengambil data-data penting si user itu, kemudian mengirimkannya kepada si pembuat program jahat itu melalui email yang telah ditentukan.
            Ada berbagai cara supaya sebuah program jahat dapat masuk dan menginfeksi komputer korbannya, salah satunya adalah melalui FlashDisk.
Kita mungkin sering mengalami hal seperti dimana saat ada teman kita mencolokkan flashdisknya kekomputer kita dengan maksud untuk meminta sebuah file/program lalu terdeteksi beberapa virus oleh antivirus kita, kita mungkin saja menjadi kesal karena bisa saja Virus tersebut bisa saja melewati pertahanan dari antivirus kita karena antivirus kita yang kurang update, jadi hanya bisa terdeteksi saja tidak untuk menyembuhkannya/menghapus virusnya.
Virus/sebuah program jahat dapat bekerja karena adanya aksi dari si user sendiri, namun karena adanya Autorun itu sendiri, virus dapat memperbanyak jumlahnya secara otomatis walaupun file induk si virus tersebut telah dibasmi.
Cara untuk membasmi virus itu adalah dengan mencegah agar fungsi “Autorun” itu sendiri tidak bekerja, sehingga virus tidak akan bisa menyebar kemana-mana lagi, caranya dengan Mendisable autorun yang terdapat pada komputer kita.
è    Buka Menu RUN anda-ketikkan “gpedit.msc” tanpa tanda kutip tentunya-klik OK
è    Pilih User Configuration-Pilih Administrative Templates-System
è    Lalu cari kata “Turn off Autoplay” dan klik-pilih Enabled-pada kotak dialog “turn off autoplay on” pilih all drive.
Sekarang komputer anda sudah bisa mencegah serangan virus untuk menyerang komputer anda. Namun, jika komputer anda telah terinfeksi virus carilah “Removal” untuk virus tersebut

0 comments:

Post a Comment

Mohon maaf untuk komentar yang masuk harus terlebih dahulu melalui moderasi untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan dan juga SPAM..