Saturday, November 27, 2010

Tulisan 1 Bab Organisasi (Teori Organisasi Umum)

Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, organisasi terkecil contohnya adalah keluarga, keluarga termasuk contoh sebuah organisasi terkecil didalam lingkungan masyarakat, dimana dari keluargalah individu mulai menganal dan belajar akan hak dan kewajibannya sebagai individu yang mempunyai peranan tersendiri didalam masyarakat.
    Organisasi terdiri dari dua jenis, yaitu organisasi formal dan organisasi informal.
Organisasi formal adalah suatu bentuk perkumpulan orang-orang dimana memiliki sebuah tujuan dan visi yang sama serta memiliki struktur organisasi yang jelas, contohnya OSIS, organisasi yang ada di lingkungan sekolah, sedangkan organisasi informal adalah sebuah perkumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan yang tidak disadari, contohnya Arisan keluarga, Karang Taruna, Perkumpulan Remaja Mesjid dll.
    Disini saya akan sedikit menjelaskan mengenai organisasi Karang Taruna, yaitu sebuah organisasi informal yang biasanya ada dilingkungan masyarakat yang kegiatannya meliputi gotong royong dilingkungan masyarakat, sebagai media pemersatu warga di suatu lingkungan, mengadakan bakti sosial kepada warga yang kurang mampu, serta melakukan kegiatan-kegiatan lain yang bernilai positif.
    Peranan organisasi Karang Taruna pada sebuah lingkungan perumahan atau suatu tempat sangatlah penting untuk membangun kesejahteraan dilingkungannya serta bisa dijadikan sebagai media atau wadah inspirasi untuk menjadikan sebuah lingkungan menjadi lebih baik. Karena dengan adanya organisasi karang taruna disuatu daerah maka kita akan dibiasakan untuk memusyawarahkan sesuatu demi kepentingan bersama dan juga agar warga masyarkatnya tidak memiliki sifat individualis.
    Itulah sedikit bahasan mengenai organisasi serta manfaat dari adanya sebuah organisasi di suatu tempat, karena kita bisa memberikan masukkan atau ide serta hal-hal apa saja guna kepentingan bersama yang lebih baik.

0 comments:

Post a Comment

Mohon maaf untuk komentar yang masuk harus terlebih dahulu melalui moderasi untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan dan juga SPAM..